Laporan Baca
Nama |
: Herni Arinda Putri |
Nim |
: 12001239 |
Fakultas/Prodi |
:Tarbiyah Dan Ilmu keguruan/Pendidikan Agama Islam |
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hai haii, Bagaimana kabar kalian pada hari ini? Aku
harap baik-baik saja ya dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin ya rabbal
a'alamin.
Baiklah kali ini aku akan melanjutkan pembahasanku
pada blog lebih tepatnya laporan baca sih
sahabat hehe... Pada kali ini aku akan membahas Strategi Pembelajaran, Apakah
kalian tau Strategi Pembelajaran itu seperti apa? Yuk sahabat di simak
pembahasanku dibawah ini....
Secara bahasa,
strategi bisa diartikan sebagai ‘siasat’, ‘kiat’, ‘trik’, atau ‘cara’. Sedang
secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk
bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan
dengan belajar mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum
kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk
mencapai tujuan yang telah digariskan. Didalam dunia pendidikan strategi
diartikan sebagai “a plan, method, or series of activities designed to achieves
a particular education goal”. Jadi strategi pembelajaran dapat diartikan
sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk
mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Menurut Wina
Sanjaya istilah strategi, sebagaimana banyak istilah lainnya, dipakai dalam
banyak konteks dengan makna yang tidak selalu sama. Di dalam konteks belajar
mengajar, strategi berarti pola umum aktivitas guru-peserta didik dalam
perwujudan kegiatan belajar mengajar. Sifat umum pola tersebut berarti bahwa
macam dan urutan perbuatan yang dimaksud tampak dipergunakan guru peserta didik
di dalam bermacam-macam peristiwa belajar.
Sedangkan kata
pembelajaran merupakan perpaduan dari dua aktivitas belajar dan mengajar.
Aktivitas belajar secara metodologis cenderung lebih dominan pada siswa,
sementara mengajar secara instruksional dilakukan oleh guru. Jadi, istilah
pembelajaran adalah ringkasan dari kata belajar dan mengajar. Dengan kata lain,
pembelajaran adalah penyederhanaan dari kata belajar dan mengajar (BM), proses
belajar mengajar (PBM), atau kegiatan belajar mengajar (KBM). Kata atau istilah
pembelajaran dan penggunaannya masih tergolong baru, yang mulai populer
semenjak lahirnya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003.
Menurut undang-undang ini pembelajaran diartikan sebagai pola interaksi peserta
didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Menurut
pengertian ini, pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar
terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan, kemahiran dan
tabiat, serta pembentukan sikap dan keyakinan pada peserta didik. Dengan kata
lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat
belajar dengan baik. Namun dalam implementasinya, sering kali kata pembelajaran
ini diidentikkan dengan kata mengajar.
Pembelajaran yang
diidentikkan dengan kata “mengajar” berasal dari kata dasar “ajar”, yang
berarti petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui. Kata
pembelajaran yang semula diambil dari kata “ajar” ditambah awalan ”pe” dan
akhiran “an” menjadi kata “pembelajaran”, diartikan sebagai proses, perbuatan,
cara mengajar, atau mengajarkan sehingga anak didik mau belajar. Jadi
pembelajaran merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh pendidik
atau guru dan peserta didik atau siswa dalam rangka untuk mencapai tujuan
tertentu yaitu agar anak memperoleh baik ilmu pengetahuan, kemahiran atau
keterampilan serta sikap atau tabiat yang baik.
Terdapat berbagai
pendapat tentang strategi pembelajaran sebagaimana dikemukakan oleh para ahli
pembelajaran (instructional technology),diantaranya akan dipaparkan sebagai
berikut :
1. Kozma secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapatdiartikan
sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau
bantuan kepada peserta didik menunju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.
2. Dick dan Carey menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh
komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan pembelajaran kegiatan
belajar yang atau digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik
mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Menurut mereka strategi pembelajaran
bukan hanya terbatas prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan
termasuk juga pengaturan, materi atau paket program yang akan disampaikan kepada
peserta didik.
3. Gropper mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas
berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai. Ia menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat
dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan
Selain itu Kemp
juga menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran
yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat
dicapai secara efektif dan efisien.
Dari uraian
strategi, pembelajaran dan strategi pembelajaran di atas maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa strategi pembelajaran yaitu suatu perencanaan yang berisi
rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan pesrta didik
dalam upaya mencapai tujuan tertentu.
Strategi
pembelajaran dan metode pembelajaran adalah dua hal yang saling berkaitan.
Strategi pembelajaran merupakan suatu perencanaan dalam pelaksanaan
pembelajaran. Sedangkan metode pembelajaran adalah cara pembentukan atau
pengertian peserta (penerima informasi) terhadap suatu penyajian
informasi/bahan ajar. Terdapat tiga syarat utama berlangsungnya kegiatan belajar
mengajar. Pertama adalah siswa yang berperan sebagai penerima informasi, kedua
adalah materi bahan yang akan disampaikan dan yang ketigaadalah pengajar selaku
pengantar dan penyampai bahan ajar.
Secara umum
metode diartikan sebagai cara melakukan sesuatu. Secara khusus metode
pembelajaran diartikan sebagai cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan
berbagai prinsip dasar pendidikan. Selain itu, metode juga merupakan berbagai
teknik dan sumber daya terkait lainnya agar terjadi proses pembelajaran pada
diri pembelajar. Jadi strategi pembelajaran merupakan suatu perencanaan pembelajaran
yang dilaksanakan dan disampaikan kepada peserta didik dengan metode
pembelajaran.
Baiklah hanya
segitu dulu yang dapat aku sampaikan. Terima kasih atas kunjungan pada blog
ini. Mohon maaf apabila terdapat salah kata baik yang disengaja maupun yang
tidak disengaja. Sekian dari saya
W assalamu’alaikum Wr.Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar