Sabtu, 11 Juni 2022

Perangkat Pembelajaran

 

Laporan Baca 

Nama

: Herni Arinda Putri

Nim   

: 12001239

Fakultas/Prodi

:Tarbiyah Dan Ilmu keguruan/Pendidikan Agama Islam

 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai haii, Bagaimana kabar kalian pada hari ini? Aku harap baik-baik saja ya dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin ya rabbal a'alamin.

Baiklah kali ini aku akan melanjutkan pembahasanku pada blog  lebih tepatnya laporan baca sih sahabat hehe... Pada kali ini aku akan membahas Perangkat Pembelajaran, Apakah kalian tau Perangkat Pembelajaran itu seperti apa? Yuk sahabat di simak pembahasanku dibawah ini....

Pembelajaran merupakan suatu proses untuk mengembangkan potensi siswa. Dalam proses ini seorang guru haruslah memiliki perencanaan pembelajaran yang akan dilakukannya di dalam pembelajaran. Salah satu perencanaan pembelajaran adalah menyusun perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran adalah perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik jika guru mampu merancang pembelajaran dengan baik, mulai dari merencanakan dan mengembangkan perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran di kelas, sampai mengevaluasinya. Pentingnya mengembangkan perangkat pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan materi pembelajaran mampu diterima oleh siswa. Dengan kata lain, pengembangan perangkat pembelajaran dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang diharapkan dapat mewujudkan proses belajar mengajar yang efektif.

Menurut Hamdani (2010: 24) pengembangan perangkat pembelajaran merupakan serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berdasarkan teori pengembangan yang telah ada. Merancang dan menyusun perangkat pembelajaran dilakukan agar tujuan yang telah direncanakan di dalam pembelajaran dapat tercapai. Perangkat pembelajaran merupakan hal yang penting dari sebuah proses pembelajaran. Tetapi pada kenyataannya tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak guru yang tidak memiliki perangkat pembelajaran saat mengajar. Padahal, memiliki perangkat pembelajaran saat mengajar adalah sesuatu hal yang penting bagi seorang guru.

Ada beberapa alasan mengapa perangkat pembelajaran begitu penting bagi seorang guru, diantaranya : (1) perangkat pembelajaran sebagai panduan, (2) sebagai tolak ukur, (3) peningkatan profesionalisme, dan (4) Mempermudah guru dalam membantu proses fasilitasi pembelajaran. Namun pada kenyataan yang ada, masih sedikit guru yang mampu mengembangkan perangkat-perangkat pembelajaran tersebut di dalam pembelajaran. Guru mengalami kesulitan mengembangkan perangkat pembelajaran. Padahal sebagaimana yang dikemukakan Ibrahim (dalam Trianto, 2011: 201) bahwa perangkat pembelajaran adalah perangkat yang diperlukan dan dipergunakan dalam mengelola proses belajar mengajar. Pentingnya perangkat pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sehingga pengembangannya sangat dituntut kepada setiap guru. Perangkat pembelajaran tersebut dapat berupa Buku Guru (BG), Buku siswa (BS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), instrument evaluasi atau tes hasil belajar serta media pembelajaran.

RPP merupakan panduan dan pedoman guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan. RPP yang dibuat hendaknya memiliki kriteria yang baik untuk proses belajar mengajar. RPP yang dikembangkan oleh guru harus memiliki validitas yang tinggi, Kriteria validitas RPP yang tinggi menurut pedoman penilaian RPP (Akbar, 2013: 144) yaitu: (1) ada rumusan tujuan pembelajaran yang jelas, lengkap, disusun secara logis, mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi; (2) deskripsi materi jelas, sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan perkembangan keilmuwan; (3) pengorganisasian materi pembelajaran jelas cakupan materinya, kedalaman dan keluasannya, sistematik, runtut dan sesuai dengan alokasi waktu; (4) sumber belajar sesuai dengan perkembangan siswa, materi ajar, lingkungan kontekstual dengan siswa dan bervariasi; (5) ada skenario pembelajarannya (awal, inti, akhir) secara rinci, lengkap dan langkah pembelajarannya mencerminkan model pembelajaran yang digunakan; (6) langkah pembelajaran sesuai dengan tujuan; (7) teknik pembelajaran tersurat dalam langkah pembelajaran, sesuai tujuan pembelajaran, mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif, memotivasi, dan berpikir aktif; (8) tercantum kelengkapan RPP berupa prosedur dan jenis penilaian sesuai tujuan pembelajaran, ada instrument penilaian yang bevariasi (tes dan non tes), rubrik penilaian.

Namun pada kenyataan yang ada, berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika, RPP yang ada masih ada beberapa kekurangan, diantaranya (1) Tidak adanya mencantumkan materi prasyarat, (2) Tidak adanyanya mengemukakan penggunaan model pembelajaran, pembelajaran masih berpusat terhadap guru, (3) Tidak adanya indikator pembelajaran yang hendak diukur, (4) Tidak adanya pedoman penskoran di dalam RPP, (5) kurangnya menerapkan media pembelajaran .

Perangkat pembelajaran merupakan suatu perencanaan yang dipergunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, Kunandar (2014: 6) menjelaskan bahwa “setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran yang lengkap, sistematis agar pembelajaran dapat berlangsung, secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpatisipasi aktif”.

Sebelum guru mengajar, (tahap persiapan) seorang guru diharapkan mempersiapkan bahan yang ingin diajarkan, mempersiapkan alat-alat peraga/praktikum yang akan digunakan, mempersiapkan pertanyaan dan arahan untuk memancig siswa aktif belajar, mempelajari keadaan siswa mengerti kelemahan dan kelebihan siswa, serta mempelajari pengetahuan awal siswa, kesemuanya ini akan terurai pelaksanaannya dalam perangkat pembelajaran.

Dalam KBBI, Perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses yang menjadikan orang belajar. Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam Permendikbud No.65 tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan yang dirancang dalam bentuk Silabus dan RPP yang mengacu pada stndar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran .

Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam dalam proses pembelajaran di kelas. serangkaian perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan seorang guru dalam menghadapi pembelajaran di kelas .

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Evaluasi

Laporan Baca   Nama : Herni Arinda Putri Nim    : 12001239 Fakultas/Prodi : Tar...