Laporan Bacaan Karakteristik Peserta Didik 1
Nama |
: Herni Arinda Putri |
Nim |
: 12001239 |
Fakultas/Prodi |
:Tarbiyah Dan Ilmu keguruan/Pendidikan Agama Islam |
Assalamu'alaikum sahabat blogger yang saya cintai. Bagaimana kabar kalian pada hari ini? Semoga baik-baik saja dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Yaa Rabbala'lamin...
Mengenai Karakteristik peserta didik, Menurut
saya Karakteristik peserta didik itu merupakan karakter atau tingkah laku yang
di miliki oleh setiap orang atau peserta didik, sebagai hasil bawaan sejak
lahir dan dari lingkungannya masing-masing, sehingga menentukan aktivitas atau
kualitas pencapaiannya. Sebagai seorang calon pendidik ataupun seorang pendidik
dalam proses kegiatan pembelajaran baik melalui online atau pun tatap muka
sacara langsung (offline), harus menguasai dan memahami karakteristik setiap
peserta didik. Karena banyak manfaatnya ketika seorang pendidik dalam memahami
dan mengenali karakter disetiap individu atau peserta didiknya.
Salah satu manfaat bagi seorang pendidik dalam
memahami dan mengenali karakter peserta didiknya yaitu dalam proses belajar
mengajar bisa berjalan dengan baik dan sangat efektif, memudahkan bagi seorang
pendidik aau guru dalam menentukan sebuah konsep pembelajaran atau metode
pembelajaran yang tepat untuk peserta didik dan mempermudah seorang guru dalam
memberikan materi pembelajaran sehingga materi tersebut dapat di terima dengan
mudah oleh peserta didik.
Setiap peserta didik ataupun setiap
individu didalam kelas, pastilah memiliki sikap atau karakter yang
berbeda-beda. Oleh karena itu seorang guru atau pun pendidik perlu mengelola
dengan baik oleh peserta didik itu sendiri maupun oleh seorang guru tersebut,
karena semakin baik siswa mengenal dirinya sendiri maka semakin mudah pula bagi
seorang pendidik/guru untuk membantu mengarahkannya dalam memahami pelajaran
yang diajarkan oleh guru tersebut. Namun sebaliknya jika dalam perbedaan
tersebut tidak dikelola dengan baik oleh guru tersebut maka akan menimbulkan sebuah
permasalahan dalam pembelajaran yang diterapkan oleh guru tersebut.
Oleh karna itu bagi seorang guru juga
perlu memahami dan mengetahui apa saja macam-macam karakteristik seperti: status
sosialnya, kultural, etnik, minat peserta didik tersebut, perkembangan
kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi disetiap
peserta didik, perkembangan sosial, perkembangan moral, spiritual, dan
perkembangan motorik. Maka dari itu seorang guru penting dalam memahami
karakteristik peserta didiknya agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif,
kondusif dan yang di inginkan.
Tujuan memahami karakteristik siawa yaitu
untuk mengkondisikan apa yang harus di ajarkan dan bagaimana mengkondisikan
siwa dalam belajar yang sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Di sisi
lain semakin baik pemahaman seorang guru terhadap siswa, maka akan semakin baik
menejemen kelasnya. Jadi pemahaman karakteristik siswa dapat membawa dampak
positif bagi diri siswa itu sendiri maupun kepada seorang guru.
Jika seorang guru tidak memahami
karakteristik peserta didiknya maka siswa atau peserta didik tersebut akan
mengalami yang namanya kesulitan dalam memahami materi atau pelajaran yang di
sampaikan oleh guru tersebut, dan dapat mengakibatkan atau memberi dampak untuk
pertumbuhan, perkembangan, kemampuan atau potensi belajar peserta didik tersebut
akan menjadi melemah.
Dalam proses memahami karakteristik disetiap
peserta didik, seorang guru ataupun kita sebagai calon guru dapat memanfaatkan
cara pendekatan dengan siswa seperti dengan memberikannya latihan soal,
mengamati dan menganalisis siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung yang
sedang berlangsung, memahami lingkungan disekitar peserta didik, membangun
komunikasi dengan siswa tersebut dan orang tuanya, dan juga mengikut sertakan
siswa dalam program yang di adakan di sekolah secara aktif sesuai dengan minat dan
bakat yang dimiliki setiap peserta didik tersebut, untuk melatih karakteristik nya.
Selain berperan penting untuk rancangan
pembelajaran, ada beberapa manfaat lain yang didapatkan dari menganalisis
karakteristik peserta didik dalam kelas, yaitu: Mendapatkaan gambaran yang
lengkap tentang kemampuan awal siswa sebagai landasan untuk mencapai
keberhasilan pembelajaran yang optimal, dapat mengetahui jenis pengalaman yang
telah dimiliki oleh siswa sehingga bisa memberikan materi secara tepat lewat
contoh atau ilustrasi. Dengan begitu, mereka bisa lebih mudah menerima dan
menyerap pengetahuan baru yang diberikan, Mengetahui latar belakang sosial dan
budaya siswa, contohnya tingkat pendidikan orang tua, sosial ekonomi, atau
dimensi kehidupan lainnya, agar bisa disesuaikan dengan metode pembelajaran
yang efisiens, Mendapat informasi tentang tingkat pertumbuhan dan perkembangan
siswa, baik jasmani maupun rohani, yang berpengaruh terhadap keberhasilan dan
cara belajar mereka, Mengetahui aspirasi dan kebutuhan siswa sehingga dapat
merancang strategi pembelajaran yang lebih tepat, Pendidik juga dapat mengetahui
tingkat penguasaan pengetahuan yang sudah diperoleh siswa sebelumnya, dan yang terakhir
dapat mengetahui sikap dan nilai yang ada dalam diri siswa, sebab hal ini dapat
dijadikan pertimbangan untuk merencanakan pengajaran. Jadi, banyak sekali hal
yang didapatkan oleh seorang pendidik maupun calon pendidik seperti saya, dari
memahami karakteristik peserta didik tersebut.
Kondisi dan karakteristik peserta didik selalu
mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor penyebabnya. Sebagai
seorang guru harus sudah mengetahui karakteristik apa saja yang harus
diperhatikan seperti, Karakteristik umum berkaitan dengan budaya, suku, agama,
gender, dan latar belakang status sosial yang mempengaruhi sikap dan minat
belajar siswa. Dengan memperhatikan karakteristik umum siswa, kita bisa
merancang dan mengimplementasikan pelajaran bermakna yang menjawab kebutuhan
unik setiap siswa.
Kemudian kemampuan awal merujuk pada
pengetahuan dan keterampilan yang sudah atau belum dimiliki peserta didik. Untuk
mengetahuinya, kita bisa melakukannya secara informal lewat pertanyaan di
kelas, atau lebih formal dengan memberikan tes. Hasilnya akan menentukan apakah
siswa tersebut memiliki kompetensi yang diperlukan untuk mendapatkan atau
mengetahui materi selanjutnya.
Dan terakhir gaya belajar yang mengacu
pada ciri-ciri psikologis yang mempengaruhi bagaimana pandangan dan respon
peserta didik pada berbagai stimulus yang diberikan. Ciri psikologis yang
dimaksud adalah kekuatan dalam memberi persepsi, kebiasaan memproses informasi,
motivasi, dan berbagai aspek psikologis lainnya.
Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan terkait karakteristik peserta didik yang ada disetiap sekolah, Terima kasih atas kunjungan kalian blog saya. Mohon maaf jika terdapat salah kata baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Sekian dari saya selaku penulis Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar