Sabtu, 02 April 2022

Catatan Karakteristik Peserta didik 1

 

Laporan Bacaan Karakteristik Peserta Didik 1

Nama

: Herni Arinda Putri

Nim   

: 12001239

Fakultas/Prodi

:Tarbiyah Dan Ilmu keguruan/Pendidikan Agama Islam


Assalamu'alaikum sahabat blogger yang saya cintai. Bagaimana kabar kalian pada hari ini? Semoga baik-baik saja dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Yaa Rabbala'lamin... 

Mengenai Karakteristik peserta didik, Menurut saya Karakteristik peserta didik itu merupakan karakter atau tingkah laku yang di miliki oleh setiap orang atau peserta didik, sebagai hasil bawaan sejak lahir dan dari lingkungannya masing-masing, sehingga menentukan aktivitas atau kualitas pencapaiannya. Sebagai seorang calon pendidik ataupun seorang pendidik dalam proses kegiatan pembelajaran baik melalui online atau pun tatap muka sacara langsung (offline), harus menguasai dan memahami karakteristik setiap peserta didik. Karena banyak manfaatnya ketika seorang pendidik dalam memahami dan mengenali karakter disetiap individu atau peserta didiknya.

Salah satu manfaat bagi seorang pendidik dalam memahami dan mengenali karakter peserta didiknya yaitu dalam proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan sangat efektif, memudahkan bagi seorang pendidik aau guru dalam menentukan sebuah konsep pembelajaran atau metode pembelajaran yang tepat untuk peserta didik dan mempermudah seorang guru dalam memberikan materi pembelajaran sehingga materi tersebut dapat di terima dengan mudah oleh peserta didik.

Setiap peserta didik ataupun setiap individu didalam kelas, pastilah memiliki sikap atau karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu seorang guru atau pun pendidik perlu mengelola dengan baik oleh peserta didik itu sendiri maupun oleh seorang guru tersebut, karena semakin baik siswa mengenal dirinya sendiri maka semakin mudah pula bagi seorang pendidik/guru untuk membantu mengarahkannya dalam memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut. Namun sebaliknya jika dalam perbedaan tersebut tidak dikelola dengan baik oleh guru tersebut maka akan menimbulkan sebuah permasalahan dalam pembelajaran yang diterapkan oleh guru tersebut.

Oleh karna itu bagi seorang guru juga perlu memahami dan mengetahui apa saja macam-macam karakteristik seperti: status sosialnya, kultural, etnik, minat peserta didik tersebut, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi disetiap peserta didik, perkembangan sosial, perkembangan moral, spiritual, dan perkembangan motorik. Maka dari itu seorang guru penting dalam memahami karakteristik peserta didiknya agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif, kondusif dan yang di inginkan.

Tujuan memahami karakteristik siawa yaitu untuk mengkondisikan apa yang harus di ajarkan dan bagaimana mengkondisikan siwa dalam belajar yang sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Di sisi lain semakin baik pemahaman seorang guru terhadap siswa, maka akan semakin baik menejemen kelasnya. Jadi pemahaman karakteristik siswa dapat membawa dampak positif bagi diri siswa itu sendiri maupun kepada seorang guru.

Jika seorang guru tidak memahami karakteristik peserta didiknya maka siswa atau peserta didik tersebut akan mengalami yang namanya kesulitan dalam memahami materi atau pelajaran yang di sampaikan oleh guru tersebut, dan dapat mengakibatkan atau memberi dampak untuk pertumbuhan, perkembangan, kemampuan atau potensi belajar peserta didik tersebut akan menjadi melemah.

Dalam proses memahami karakteristik disetiap peserta didik, seorang guru ataupun kita sebagai calon guru dapat memanfaatkan cara pendekatan dengan siswa seperti dengan memberikannya latihan soal, mengamati dan menganalisis siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung yang sedang berlangsung, memahami lingkungan disekitar peserta didik, membangun komunikasi dengan siswa tersebut dan orang tuanya, dan juga mengikut sertakan siswa dalam program yang di adakan di sekolah secara aktif sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki setiap peserta didik tersebut, untuk melatih karakteristik nya.

Selain berperan penting untuk rancangan pembelajaran, ada beberapa manfaat lain yang didapatkan dari menganalisis karakteristik peserta didik dalam kelas, yaitu: Mendapatkaan gambaran yang lengkap tentang kemampuan awal siswa sebagai landasan untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang optimal, dapat mengetahui jenis pengalaman yang telah dimiliki oleh siswa sehingga bisa memberikan materi secara tepat lewat contoh atau ilustrasi. Dengan begitu, mereka bisa lebih mudah menerima dan menyerap pengetahuan baru yang diberikan, Mengetahui latar belakang sosial dan budaya siswa, contohnya tingkat pendidikan orang tua, sosial ekonomi, atau dimensi kehidupan lainnya, agar bisa disesuaikan dengan metode pembelajaran yang efisiens, Mendapat informasi tentang tingkat pertumbuhan dan perkembangan siswa, baik jasmani maupun rohani, yang berpengaruh terhadap keberhasilan dan cara belajar mereka, Mengetahui aspirasi dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih tepat, Pendidik juga dapat mengetahui tingkat penguasaan pengetahuan yang sudah diperoleh siswa sebelumnya, dan yang terakhir dapat mengetahui sikap dan nilai yang ada dalam diri siswa, sebab hal ini dapat dijadikan pertimbangan untuk merencanakan pengajaran. Jadi, banyak sekali hal yang didapatkan oleh seorang pendidik maupun calon pendidik seperti saya, dari memahami karakteristik peserta didik tersebut.

Kondisi dan karakteristik peserta didik selalu mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor penyebabnya. Sebagai seorang guru harus sudah mengetahui karakteristik apa saja yang harus diperhatikan seperti, Karakteristik umum berkaitan dengan budaya, suku, agama, gender, dan latar belakang status sosial yang mempengaruhi sikap dan minat belajar siswa. Dengan memperhatikan karakteristik umum siswa, kita bisa merancang dan mengimplementasikan pelajaran bermakna yang menjawab kebutuhan unik setiap siswa.

Kemudian kemampuan awal merujuk pada pengetahuan dan keterampilan yang sudah atau belum dimiliki peserta didik. Untuk mengetahuinya, kita bisa melakukannya secara informal lewat pertanyaan di kelas, atau lebih formal dengan memberikan tes. Hasilnya akan menentukan apakah siswa tersebut memiliki kompetensi yang diperlukan untuk mendapatkan atau mengetahui materi selanjutnya.

Dan terakhir gaya belajar yang mengacu pada ciri-ciri psikologis yang mempengaruhi bagaimana pandangan dan respon peserta didik pada berbagai stimulus yang diberikan. Ciri psikologis yang dimaksud adalah kekuatan dalam memberi persepsi, kebiasaan memproses informasi, motivasi, dan berbagai aspek psikologis lainnya.

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan terkait karakteristik peserta didik yang ada disetiap sekolah, Terima kasih atas kunjungan kalian blog saya. Mohon maaf jika terdapat salah kata baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Sekian dari saya selaku penulis Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Evaluasi

Laporan Baca   Nama : Herni Arinda Putri Nim    : 12001239 Fakultas/Prodi : Tar...